» » » Ukuran Foto yang Benar untuk Blog/Website

BANYAK blogger pemula "asal" upload foto, image, atau gambar tanpa edit dulu. Foto hasil jepretan kamera, langsung diupload tanpa diedit dulu. Akibatnya, tampilan foto jadi error dan loading blog "dipastikan" lelet banget! Slow loading! Jadi, bagaimana Ukuran Foto yang Benar untuk Blog/Website?

Ukuran foto yang benar dan terbaik untuk blog/website adalah menyesuaikan dengan ukuran foto yang akan atau bisa muncul postingan atau di blog. Jika "lahan" foto ukurannya 600x600 pixel, misalnya, maka ukuran foto/gambar/image yang terbaik adalah 600x600 pixel.

Setidaknya, itulah yang dikatakan Insquare Media dalam postingnya tentang ukuran image yang benar untuk website.

Unless there's a reason that visitors to your website need access to a full sized image, the image you upload should be somewhere close to the size it's going to be displayed on screen - if I want an image to be the width of this article, 600px (pixels) wide will be about right, so that's what I upload.

Kecuali ada alasan bahwa pengunjung website Anda memerlukan akses ke image ukuran penuh, image yang Anda upload mestinya sama atau mendekati ukuran yang akan muncul di layar. Jika Anda akan menampilkannya seukuran 600 px (pixel), maka gambar yang diupload juga harus seukuran itu.

O iya, untuk blogger, ada ukuran maksimum lho! Ukuran foto maksimum untuk blogger yaitu 1.600 pixel. Tapi yang tampil di blog/layar tentu tidak sebesar itu. Wong text area blog rata-rata cuma 600-an pixel kok! kalaupun FULL, paling di kisaran 1600 pixel itu atau selebar layar monitor.

Cara Edit Foto Untuk Blog

Banyak cara dan software untuk edit foto/gambar sebelum diupload ke blog. Salah satunya yang disediakan MS Office, yaitu Microsoft Office Picture Manager.

Coba buka folder foto Anda, lalu klik kanan, dan pilih "Open With Microsoft Office Picture Manager". Akan muncul "penampakan" seperti ini:



Klik Edit Picture > Size. Maka akan muncul pilihan ukuran otomatis di kiri atas monitor. Di sana kita dikasih tau ukuran foto untuk web/blog itu ada dua macam: 640 pixel dan 448 pixel. Nah, pake itu saja!

Tapi kalo yang mau dimunculkan hanya 300 pixel, maka ubah saja ukuran fotonya menjadi 300 pixel, tidak kurang tidak lebih!

Judul dan Teks Alternatif

Satu hal lagi, setelah ukuran foto diedit, edit pula nama file fotonya. Yang tadinya IMG.JPG atau DSCN.IMG misalnya, ubah menjadi --misalnya-- pemandangan.jpg atau menulis.jpg, sesuai dengan keadaan foto dan relevan dengan judul, topik, atau kata kunci postingan blog.

Selain itu, setelah upload, jangan lupa "klik" foto yang sudah diupload, lalu klik "Properties". Isi tuh kolom "title" dan "alt text". Anda bisa mengisinya dengan copas judul posting. Good luck!

About Muhammad fadli

Hi there! I am Hung Duy and I am a true enthusiast in the areas of SEO and web design. In my personal life I spend time on photography, mountain climbing, snorkeling and dirt bike riding.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post