» » 5 Cara Mudah Meningkatkan SEO Blog dan Pengunjung

Tips Meningkatkan SEO dan Pengunjung Blog

Meningkatkan SEO Blog dan Pengunjung
JIKA blog Anda sudah menggunakan template blog SEO, maka itu baru tahap awal SEO Blog. Tahap SEO blog berikutnya adalah membuat "posting SEO Friendly", selain berkualitas secara substansi (konten berkualitas).

SEO Blog sendiri artinya upaya agar blog kita cepat terindeks mesin pencari (terutama Google), dan menempati peringkat atas di hasil pencarian atau Search Engine Results Page (SERP).

Benar, konten adalah raja (content is the king), tapi konten berkualitas saja tidak cukup. Butuh optimisasi agar posting blog kita cepat terindeks mesin pencari dan dibaca user.

Tips Meningkatkan SEO Blog dan Pengunjung

Berikut ini 5 Cara Mudah Meningkatkan SEO Blog dan Pengunjung (trafik blog) versi  Help Blogger yang layak bahkan wajib kita coba.

1. Tentukan kata kunci (keyword)
Ketika kita menulis sebuah posting, kita harus memilih kata kunci (atau istilah) yang cocok atau pas buat posting kita. Kita pilih kata kunci atau istilah (term) yang sekiranya dicari user di Google dan posting kita nangkring di posisi teratas, minimal di halaman satu SERP.

Sebagai contoh, kata kunci posting yang sedang Anda baca ini adalah "SEO", tapi jika cuma SEO doang terlalu generik dan akan sulit menempati posisi atas di SERP Google. Karenanya, kata kuncinya ditambah menjadi "Meningkatkan SEO Blog dan Pengunjung".

2. Gunakan kata kunci di judul posting.
Ini tahap sangat penting dan tentu akan membantu posting dan blog Anda menempati peringkat yang lebih baik di mesin pencari. Contohnya, judul posting ini juga mencantumkan kata kunci "Meningkatkan SEO Blog dan Pengunjung".

Harapannya, saat user mengetik kata "SEO Blog" dan/atau "Meningkatkan Pengunjung Blog", maka posting ini akan muncul di SERP halaman satu, bahkan teratas. (Kita lihat saja nanti...)

3. Gunakan Kata Kunci di H2 Tag
Kita harus menggunakan heading tags (H2, H3) di posting blog. Di posting ini misalnya, CB menggunakan kata kunci "Meningkatkan Pengunjung Blog" di Heading H2 Tag alias "Subjudul" (Subheading). Selalu lakukan hal ini agar posting blog kita mudah terindeks mesin pencari dan ditemukan/dibaca user.

4. Gunakan Kata Kunci di Naskah (Teks)
Kita harus menuliskan kata kunci tersebut di aliea pertama, alinea tengah, dan alinea akhir. Pokoknya, ada di naskah atau isi postingan! Terpenting, ada di paragraf pertama. Jika perlu, ulangi judul posting di bagian awal naskah, seperti posting ini.

Namun, harap diingat, jangan terlalu banyak mengulang kata kunci. Ada batasan maksimum dan minimum penggunaan kata kunci. Postingan hanya butuh 1-4,5% kata kunci. Jika kurang, efeknya kurang bagus buat SEO. Jika berlebihan (terlalu banyak), maka Google akan menganggapnya sebagai SPAM!

5. Tulislah posting lebih dari 300 kata.
Posting yang kurang dari 300 kata (words) punya peluang kecil menempati posisi atas hasil pencarian. Menulis nasakah panjang bukan hal sulit bagi Anda yang terbiasa menulis dan/atau menguasai topik tulisan.

Posting ini juga lebih dari 300 kata. Tepatnya: 571 kata. Silakan copas ke MS Word dan lihat di sudut kiri bawah monitor Anda.

Tambahan dan Kesimpulan
Tambahan dari CB, sertai posting Anda dengan gambar, foto, atau ilustrasi yang mendukung posting dan kata kunci.

Posting ini pun demikian. Jangan lupa gambar Anda garus ber-nama file yang mengandung kata kunci posting, demikian juga judul gambar (title) dan alternatif teknya (alt text). Gambar di posting ini menggunakan title dan alt text yang sama dengan kata kunci: "Meningkatkan SEO Blog dan Pengunjung".

Meningkatkan SEO Blog dan Pengunjung atau Pembaca (trafik blog) memang butuh "perjuangan". Namun, itulah kunci sukses, termasuk sukses ngeblog: perjuangan yang pasti membutuhkan pengorbanan. SEO Blog memang bukan segalanya, tapi konten berkualitas butuh juga dukungan teknik SEO. Wasalam and Happy Blogging!

About Muhammad fadli

Hi there! I am Hung Duy and I am a true enthusiast in the areas of SEO and web design. In my personal life I spend time on photography, mountain climbing, snorkeling and dirt bike riding.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post