» » Benarkah Komentar di Blog Lain Bisa Mendapatkan Backlink?

backlink blogUNTUK mendapatkan backlink yang penting bagi seo blog, banyak blogger rajin berkomentar di blog lain --dikenal dengan istilah "blogwalking". Tapi, benarkah rajin komentar di blog lain bisa mendapatkan backlink?

Sebelum menjawabnya, kita lihat dulu apa sebenarnya backlink.

Backlinks, dikenal juga dengan istilah incoming links, inbound links, inlinks, dan inward links, adalah link dari blog lain yang nge-link ke blog kita. Kebalikannya adalah Outbound Link.

Kembali ke pertanyaan,  benarkah rajin komentar di blog lain bisa mendapatkan backlink? Jawabannya: YA, jika blog yang dikomentari itu menggunakan tag "dofollow" di link kolom komentarnya. TIDAK, jika blog yang dikomentari tersebut menggunakan tag "nofollow". 

Kebanyakan, bahkan hampir semua template blog menggunakan "nofollow", sehingga link blog yang berkomentar sama sekali tidak menghasilkan backlink.

Apa itu tag "nofollow", Google menjelaskannya: "In general, we don't follow them. This means that Google does not transfer PageRank or anchor text across these links" (Secara umum, kami [Google] tidak mengikuti mereka. Ini artinya Google tidak mentransfer PageRank atau teks anchor bagi link-link nofollow). Baca deh: Use Nofollow for Specific Link.

Untuk mengetahui apakah sebuah blog menggunakan "dofollow" atau "nofollow", caranya klik kanan link blog komentator, lalu pilih "inspect element", maka akan terlihat kode HTML seperti ini: 
  • <a href=”URL” rel=”nofollow”>Link Text</a>
  • <a rel="nofollow" href="URL">Link Text</a>
Google sama sekali mengabaikan link "nofollow". Artinya, link yang ditulis di kolom komentar tersebut tidak berguna dalam perspektif SEO. "Google essentially ignores this kind link and it is useless to you from an SEO perspective."

Ciri komentar yang hanya bertujuan ingin mendapatkan backlink, yaitu komentarnya ringkas, "asal", dan menyertakan link. Misalnya:
  • Nice info, gan. kunjungi balik ya http://fayedanielsbbw.blogspot.com/
  • Terima kasih, tulisannya bagus banget
  • Great Article!
  • Nice Posts!
Ada juga yang berusaha menyertakan link aktif atau link hidup (live link), juga yang sengaja "nyepam", misalnya:
Sang komentator lupa bahwa ada kode yang dipasang blogger untuk menghapus secara otomatis link aktif tersebut.

Kesimpulan
Usaha mendapatkan backlink dengan rajin komentar di blog orang lain, apalagi komentar spam atau spammy comments, adalah usaha sia-sia.

Yang terbaik adalah TETAP RAJIN KOMENTAR namun isi komentarnya berkualitas, sehingga pengunjung lain "penasaran" dan tertarik untuk mengunjungi alamat blog yang disertakan dalam komentar tersebut.

Komentar yang "asal", apalagi komentar spam, bahkan bisa membuat Google "menghukum" blog kita. 

The vast majority of blogs have “no-follow” on links from comments, plus Google can penalise you for this sort of link-building.
Komentar dan nge-link ke posting lain adalah cara terbaik untuk membangun hubungan dengan "niche" blog. Selalulah berpikir KUALITAS, bukan kuantitas. 

Jika Anda meninggalkan lusinan tipe komentar "Great Post!" tiap hari, maka tidak ada yang diuntungkan. If you’re leaving dozens of “Great post!” type comments every day, no-one will benefit!

Blog Commenting For Backlinks [Stop Wasting Your Time]

Referensi:
http://aestrepreneur.com/blog-commenting-for-backlinks/
http://www.dailyblogtips.com/bad-seo-comment-spam/

About Muhammad fadli

Hi there! I am Hung Duy and I am a true enthusiast in the areas of SEO and web design. In my personal life I spend time on photography, mountain climbing, snorkeling and dirt bike riding.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post