» » » Cara Memilih Niche Blog

Memilih Niche Blog
Menentukan atau memilih Niche Blog yang baik itu didasarkan pada keahlian, hobi, dan minat!

NICHE secara harfiyah artinya ceruk, relung, atau tempat. Diucapkannya: NICH. Dalam dunia blogging, niche itu identik dengan tema, topik, atau masalah yang kita tulis. Itu pengertian mudahnya.

Niche blog adalah "what is blog about". Blog tentang apa? Niche Contoh Blog (CB) ini, misalnya, jelas tentang blogging alias seluk-beluk nge-blog.

Niche Blog vs General Blog

Niche blog yaitu blog yang berisi posting dengan topik khusus, misalnya soal kesehatan, pendidikan, blog, dan sebagainya. Lawannya adalag General Blog, yaitu blog yang berisi "segala macam" alias berisi topik apa saja.

Niche blog akan menunjukkan kepada publik bahwa sang blogger ahli di bidang tertentu, dan ini akan menumbuhkan kepercayaan dan loyalitas pengunjung.

Once you start gaining a bit of authority as an expert in the field, you will experience good things happening very soon. People will contact you personally or via the contact form (comments) to solve their problems. This will fetch you a huge number of loyal fans. (paisablog)

Cara Memilih Niche Blog

Lalu, bagaimana cara memilih niche blog yang baik dan tepat? CB berpendapat, niche blog terbaik adalah niche blog yang sesuai dengan:

1. Keahlian (Expertise).
2. Hobi (Hobby)
3. Minat (Interest)

Niche blog keahlian makdunya adalah tuliskan hal-hal seputar masalah yang Anda kuasai, sesuai dengan bidang keilmuan Anda, misalnya ekonomi, politik, seni, komputer, pemasaran, desain, dll. Itulah niche terbaik bagi blog Anda.

Jika kita menulis masalah yang kita kuasai, maka kita akan menulis dengan sepenuh hati, menulis dengan tulus, yakin, tanpa ragu, dan itu akan membuat posting blog kita memiliki "ruh" (jiwa).

Apa yang kita tulis dalam niche blog, juga bisa "dipertanggungjawabkan", dibandingkan dengan tulisan yang dibuat oleh bukan ahlinya.

Jadi sempit dong? Iya sih, tapi... jangan ragu, sesekali tulislah masalah di luar niche blog Anda. Gak ada masalah dan tidak akan ada penalti dari Google. 

Kekuatan niche blog yang sesuai keahlian itu, sama kuat dengan niche blog berdasarkan hobi Anda, misalnya hobi burung, maka bikin blog khusus tentang perburungan. Hobi sepakbola? Buat saja blog khusus tentang sepakbola, itung-itung koleksi info dan foto seputar yang menjadi hobi Anda itu!

Demikian juga niche blog berdasarkan minat. Ini lebih bagus lagi, karena dengan memilih minat, maka kita akan "belajar sambil ngeblog" (learning by blogging) tentang masalah yang kita minati. Misal, kita minat masalah fotografi, maka kita akan kumpulkan info seputar itu, otomatis dong kita mendalamaninya juga.

Nah, itulah tips sederhana CB seputar Cara Memilih Niche Blog. 
Niche blog Anda sekarang ini apa? Berdasarkan apa?

About Muhammad fadli

Hi there! I am Hung Duy and I am a true enthusiast in the areas of SEO and web design. In my personal life I spend time on photography, mountain climbing, snorkeling and dirt bike riding.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post