» » Cara Membuat Link Internal di Posting Blog

Cara Membuat Link Internal di Posting Blog
POSTING cara membuat link internal (internal link) di dalam naskah postingan blog ini berdasarkan pertanyaan seorang blogger "newbie". Namanya belum tahu, ya memang harus tanya :) Ia melihat link internal yang ada di hampir semua potingan blog CB ini.

Link internal merupakan salah satu Jenis-Jenis Link di Blog. "Lawannya" adalah link eksternal (external link) atau tautan keluar.

Link internal merupakan sebuah tautan (link) yang berada pada suatu halaman dari blog kita yang URL-nya menuju pada halaman lain dalam blog kita. Link internal berfungsi sebagai navigasi yang memudahkan pengunjung mencari atau membuka posting lainnya.

Link internal juga memudahkan pengunjung untuk kembali ke halaman depan (home page) dengan nge-klik menu HOME. (Nah, menu HOME ini juga termasuk link internal).

Kegunaan Link Internal

Ini aspek USABILITY atau kegunaan link internal, antara lain:
  1. Menaikkan Page Views. Adanya internal link memungkinan pembaca berlama-lama di blog kita karena membuka posting lain yang tersaji di internal link itu.
  2. Bagus buat SEO. Tautan ke posting lain akan mengoptimalkan proses indeks mesin cari pada seluruh halaman blog yang saling bertautan. Secara otomatis mesin cari seperti Google akan membaca konten posting pada link yang ada. Link pada posting yang satu ke posting yang lain juga akan menaikkan peringkat (ranking) blog di mesin pencari.

Jenis-Jenis Link Internal

Ada beberapa jenis link internal dalam sebuah blog:
  1. Menu Navigasi --Home, About, Sitemap, Contack Us, dll.
  2. Daftar Posting Terkait (Related Posts)
  3. Daftar Posting Terpopuler (Popular Posts)
  4. Daftar Posting Acak (Random Posts)
  5. Daftar Posting Terbaru (Recent Posts)
  6. Daftar Komentar Terbaru (Recent Posts)
  7. Label
  8. Breadcrumbs
  9. Link di Posting

Nah, yang dibahas di posting ini adalah jenis link internal nomor 9, nomor yang biasa dipakai striker sepakbola :)

Cara membuat no. 1 s.d. 8 sudah CB posting di blog ini. Silakan cari di kotak "Search".

Internal Link di Posting

Contoh  Link Internal di Posting Blog bisa dilihat di alinea kedua posting ini, yang berwarna biru, Jenis-jenis Link di Blog, atau link ini deh: Kesalahan dalam Membuat Internal Link. Nah, kalo diklik, itu mengarah ke posting lain di blog CB ini. Itulah internal link dalam postingan dan bagus buat SEO dan Page Views blog.

Contoh terbaik tentang internal link dalam postingan ini adalah di situs Wikipedia. Coba buka deh, banyak link dan selalu ada link dalam artikel di Wikipedia 'kan? Nah, itu bagus buat SEO.

Belajar dari Wikipedia itu, juga dari sumber lain, maka cara membuat link internal di postingan blog adalah sebagai berikut:
  1. Pilih teks deskriptif, berupa kata, frasa, atau kalimat. Jangan gunakan anchor teks "klik disini" (click here)! Itu tidak bagus buat SEO dan user.
  2. Gunakan tautan yang relevan atau tema tulisan yang berkaitan. Jangan menggunakan teks tautan yang tidak sesuai dengan konten halaman yang ditautkan. 

Cara Membuat Internal Link di Postingan Blog

Teknisnya bagaimana? Ini dia yang ditanyakan oleh blogger newbie tadi. Begini caranya:
  1. Selesaikan dulu tulisan Anda.
  2. Pilih kata, frasa, atau kalimat pendek yang akan dijadikan link internal.
  3. Buka posting lama yang akan ditautkan, lalu Copy URL-nya. Simpan di "Notepad".
  4. Highlight atau "select" pilih kata yang akan dijadikan link tadi, lalu klik menu/tombol "Link" di atas kotak naskah tulisan.
  5. Paste URL di nomor 3 tadi di kolom yang muncul setelah kita klik "Link".
  6. Centang "Open this link..." 
  7. Biarkan "Add rel=nofollow..." 
  8. Klik "OK".
Good Luck and Happy Blogging!

About Muhammad fadli

Hi there! I am Hung Duy and I am a true enthusiast in the areas of SEO and web design. In my personal life I spend time on photography, mountain climbing, snorkeling and dirt bike riding.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post